TALI TIGA LEMBAR – Minggu, 03 Juli 2022

JKI Injil Kerajaan Semarang
Minggu, 03 Juli 2022
✍🏻 Ringkasan Khotbah
TALI TIGA LEMBAR

📖 Pengkotbah 4:12:
Di sini tali tiga lembar memiliki pengertian yang lebih dalam mengenai hubungan persahabatan dan hubungan kita dengan orang lain.
Demikian pula jemaat di dalam gereja yang sehat seharusnya memiliki hubungan yang sehat pula.
Contoh yang paling tepat adalah hubungan persahabatan antara Yonatan & Daud.
=> sebuah hubungan persahabatan yang sehat, dan kuat bertahan di tengah tekanan-tekanan dan keadaan yang kompleks di sekitar mereka.

🤝 Ciri-ciri hubungan persahabatan sejati yang sehat seperti tali tiga lembar:
1. 💙Ada jalinan kasih yang kuat. Di dalam bahasa Ibraninya memilik pengertian ‘jalinan hati yang dirantai kuat.’ Tidak mudah dipatahkan oleh perasaan tersinggung atau sakit hati, karena hubungannya terpusat kepada Kristus.
(1 Samuel 18:1-5)
2. 😇 Lebih mengutamakan yang lain. Ada kasih sejati di dalamnya. Kasih itu tidak egois, memberi dengan rela & sukacita. (1 Samuel 20:30-34)
3. 🛐 Membantu menemukan kekuatan dalam Tuhan. Carilah sahabat sejati yang pada saat kita lemah, mereka mampu membantu kita menemukan kembali kekuatan di dalam Tuhan. Mampu saling menguatkan di dalam suka-duka, memberi semangat, saling membangun, sehingga kita bisa terus bertumbuh dalam Kristus. (1 Samuel 23:15-18)
▶ Persahabatan Daud & Yonatan adalah persahabatan yang berdasarkan kasih yang murni & sejati, merupakan refleksi dari hukum terutama kedua, yaitu: ‘kasihilah sesamu manusia seperti kamu mengasihi dirimu sendiri.’
➡ Daud & Yonatan memiliki kualitas karakter yang berbeda dari yang lain
(2 Samuel 1:23-26). Makna kata ‘ramah’ di dalam ayat ini lebih kepada orang yang menyenangkan/orang yang bisa menyukakan orang lain.

🕊Kehadiran Tuhan di dalam sebuah hubungan adalah suatu faktor yang amat penting & tidak boleh terlupakan.

💎 KPK:
⿡ Apa saja yang kamu syukuri tentang hubunganmu dengan jemaat JKI IK yang lain?
⿢ Hambatan apa saja yang kau hadapi dalam menjalin persahabatan yang sehat & kuat?
⿣ kotbah minggu berbicara apa tentang Tuhan ?Ceritakan!
⿤ Secara khusus firman Tuhan hari minggu berbicara apa tentang dirimu?
⿥ Ketaatan apa yang akan kamu lakukan agar dapat membangun & memiliki persahabatan sejati yang mampu bertahan di tengah tekanan dengan sesama anggota MPP & jemaat?

Terakhir :
Kamu akan bagikan kepada siapa ceritamu diatas ?

🤔 Perenungan:
Hubungan Saul dengan Daud & Daud dengan Yonatan dapat menjadi perenungan kita tentang bagaimana seharusnya kita membangun/memiliki hubungan dengan orang lain, juga dalam berteman/bersahabat.
Hubungan Saul & Daud yang semula bersih, menjadi hancur karena tidak adanya kehadiran Tuhan di dalam jalinan hubungan mereka.
Muncul keegoisan, ingin memiliki & menguasai & adanya kecemburuan .
Sementara hubungan persahabatan Daud & Yonatan dapat menjadi sebuah persahabatan yang sehat & kuat, serta mampu bertahan di tengah tekanan apa pun karena ada kehadiran Tuhan dalam hubungan mereka.

Tuhan Yesus memberkati,
Ps. Tina Agung Purnomo.

You may also like

Leave a comment