JALAN KEBENARAN KEHIDUPAN – Minggu, 16 Januari 2022

🕊JKI Injil Kerajaan Smrg🕊
Minggu, 16 Januari 2022
✍🏻 Ringkasan Kotbah : ibadah pagi & sore
JALAN KEBENARAN KEHIDUPAN – Ps. Guana Tanjung

📖 Apa yang dibawa (Injil) Kristus?
Bukan agama baru, bukan penggenapan Taurat, bukan sekedar penambahan pasal & ayat, tetapi sebuah paradigma baru :
‘The ultimate state of the Words of God is not regulation, but a Person’ (Wujud akhir dari Firman bukan peraturan tetapi seorang Pribadi).
=> Hakekat Firman adalah seorang Pribadi (HIS only begotten Son/putra Allah satu-satunya) yang kehadiranNya membawa Kerajaan Surga. (Yohanes 3 : 16)
=> From regulation to relation, from regulation to a Person. Kita dipanggil untuk mengenal & dikenal oleh satu Pribadi yaitu Kristus.
=> Kristus tidak dimulai dari Matius tetapi ada sejak Kejadian sampai dengan Wahyu. Perjanjian Lama adalah bayangan & perjanjian baru adalah wujud. Dan manusia jatuh ke dalam dosa bukan karena tindakan immoral, tetapi karena melanggar tatanan kehidupan, sehingga kehilangan sebuah hubungan yang merupakan sumber kehidupan.
=> Injil adalah tentang Anak Allah – Sang Firman di surga yang berinkarnasi di bumi menjadi anak manusia untuk membuka jalan& memanggil anak-anak manusia untuk mengalami transformasi untuk hidup & menjadi anak-anak Allah.
=> Kuncinya adalah covenant (perjanjian).
=> Kehadiran Kristus harus menjadi realita, bukan sekedar believe system. Jadi kita harus masuk ke level perjanjian & hidup di level ini. Ketika ini terjadi maka Firman berkata bahwa hidup kita tidak akan pernah sama lagi (you will never be the same again). Inilah reality of covenant (realitas perjanjian).

💞Bagaimana kita bisa masuk ke dalam reality of covenant?
=> Covenant bahasa aslinya bêrit (daging yang dipotong), artinya untuk menemukan reality of covenant harus ada meterai, yaitu ada daging yang dipotong, ada darah yang keluar (korban).
=> Melalui bêrit kita menggenapi hakekat Injil, yaitu kehadiran Satu Pribadi yang masuk dalam hidup orang yang mengalami perjanjian, sehingga Tuhan benar-benar menjadi seperti namaNya ‘l Am, (Aku Ada).’ (Keluaran 29 : 46)
=> Tuhan telah melakukan bêrit terlebih dahulu ketika Ia berkata : ‘Inilah TubuhKu & Inilah DarahKu.’

_👑 Apa yang terjadi ketika kita masuk dalam perjanjian dengan Tuhan?
1. Kita akan menerima status baru (contoh Ruth). Inilah level realita Injil Kerajaan yang berbicara tentang transformasi, destiny, warisan.
2. Masuk dalam keintiman dengan Tuhan. (Keluaran 24 : 8 – 12)
3. Masuk dalam dimensi covering.
(Yehezkiel 21 : 4)
4. Masuk dalam ikatan cinta yang istimewa (passion, keintiman). Di sini hakekat penyembahan terjadi & kita diberi otoritas (jubah & ikat pinggang). (1 Samuel 18 : 1, 3, 4)
5. Diajak jalan bersama di jalan kebenaran & kehidupan.
▶ Jadi ketika kita masuk dalam perjanjian maka kita menerima kasih karunia & kebenaran yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain :
1. Pondasinya adalah kasih karunia : sesuatu yang mengalir melalui perjumpaan. Melalui Roh Kudus kita temukan aliran kasih karunia yang adalah pribadi Kristus.
2. Selanjutnya setelah bertemu pribadi Kasih Karunia, kita menemukan kebenaran.
=> Kebenaran seperti apa?
. Jangan terjebak dalam benar & salah.
. Kebenaran di sini adalah kebenaran tatanan, bukan _peraturan_.
. Kebenaran yang memerdekakan & memberi kehidupan karena ada kasih karunia. Buahnya kita menjadi orang yang lembut hati, tidak menuntut, tidak mengejar kesalahan orang.
( Yohanes 18 : 37 – 38 a ; Roma 8 : 2)
3. Hidup : di dalam Dia ada hidup & hidup itu adalah terang manusia (Mazmur ,104 : 1 – 2)
Hidup itu ada di dalam anakNya.

💎 KPK :
⿡ Apa perbedaan Injil Keselamatan dengan Injil Kerajaan ? Terangkan
⿢ Apa yg harus kita sembelih agar wujud Kristus nampak dalam hidupmu ?
Hambatanmu apa saja ?
⿣ Apa tantangan yang kamu alami untuk masuk dalam “kehadiran Tuhan” ? Ceritakan!!
⿤ Secara pribadi Firman Tuhan hari ini berbicara apa tentang dirimu?
⿥ Ketaatan apa yang akan kamu lakukan agar hidupmu masuk dalam level ‘never be the same again’ (tidak pernah menjadi sama lagi)?

🤔 Perenungan :
Ibadah yang sejati bukanlah belajar tentang Tuhan, tetapi mengenal & dikenal oleh Tuhan. Sebab itu jangan berhenti di level percaya, masuklah terus dalam level perjanjian melalui korban. Dan temukanlah Pribadi kasih karunia & jalan Kebenaran & Kehidupan yaitu Kristus Yesus.

Tuhan Yesus memberkati

You may also like

Leave a comment