Unfinished Words and Unfinished Works (Petrus Agung)

Mat 2: 16-18 “ Bagian dari Natal pertama yang menyedihkan, karena kegilaan raja Herodes.

·         Teks asli berkata bahwa ratapan itu bukan berlaku untuk umum, tapi setiap kehilangan anak diratapi oleh orang tuanya secara individu.

·         Ungkapan kepedihan: seperti Rahel bangkit dari kuburnya hanya untuk ikut menangis. adalah ungkapan yang paling dalam dari Tuhan, bahwa Tuhan mengerti dan merasakan setiap penderitaan orang tua yang kehilangan anaknya.

·         Kita adalah anak-anak Tuhan. Apapun yang sedang kita alami: penindasan, aniaya, ketidak-adilan,  selalu ada harapan bagi kita karena Tuhan tahu semuanya.

·         Kutipan di Injil Matius ini adalah kutipan yang belum selesai, karena Tuhan selalu menuntaskan yang Dia mulai. Sesuatu yang belum selesai, Tuhan akan tuntaskan.

 

Yer 31: 15-17

·         Ayat 15 yang dikutip Matius, dan merupakan kalimat yang unfinished/ belum selesai karena Yeremia tidak berhenti dan selesai di ayat 15.

·         Ayat 16: Ada upah bagi setiap pekerjaan kita.

·         Ayat 17: Masih ada harapan untuk masa depan kita.

·         Jangan berhenti pada pekerjaan Tuhan yang kita anggap tidak selesai di hidup kita, karena Tuhan sudah menyelesaikan bagi kita di Golgota 2000 tahun yang lalu. Masalahnya apakah dan bisakah kita sabar hingga tanganNya menyelesaikan semuanya.

 

Mrk 10: 17-31

·         Orang muda yang kaya bertanya bagaimana mendapat hidup kekal. Dia pergi dengan sedih dengan jawaban Yesus, karena hartanya banyak. Seandainya dia bertahan beberapa saat, maka dia akan mendengarkan kalimat Yesus yang tuntas.

·         Ilustrasi: Cara menangkap monyet dengan menaruh kacang di dalam batok kelapa yang diberi lubang kecil. Kekayaan bagi anak muda itu di mata Tuhan seperti kacang jebakan untuk monyet, yang ujungnya bisa membawa anak muda itu ke neraka.

·         Percakapan di Mrk 10: 23-31 adalah antara Yesus dan murid-muridnya, karena anak muda yang kaya tersebut sudah pergi.

·         Ayat 23-25: pernyataan Yesus bahwa orang kaya sukar masuk kerajaan surga.

·         Ayat 28: murid-murid bertanya pada Tuhan apa yang akan mereka peroleh.

·         Ayat 29-30: Jawaban Yesus: Setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan semuanya:

ü  Sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat.

ü  Pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.

·         Sebenarnya Tuhan sedang memberi cara bagi anak muda itu supaya kekayaannya naik 100x lipat tanpa terikat kepada harta.

 

·         Yer 31: 15 berisi penderitaan, ayat 16 bicara upah, dan ayat 17 bicara tentang masa depan !

 

·         Kisah anak Yairus yang sakit dan hampir mati. Saat ada wanita yang sakit pendarahan 12 tahun menyentuh jubah Yesus dan sembuh, Yesus berhenti untuk bercakap-cakap dengannya. Saat itulah datang pesuruh yang membawa berita bahwa anak Yairus sudah mati. Ini seperti ayat 15 bagi Yairus. Tapi Tuhan tetap pergi ke rumah Yairus dan bangkitkan anak itu.

·         Kadang cara Tuhan aneh, kadang seperti dihambat orang lain. Tapi Tuhan tidak pernah bisa dihentikan untuk menuntaskan apa yang harus Dia tuntaskan.

·         Saat Lazarus sakit, Yesus menunda. Akhirnya Lazarus mati, dan orang-orang merasa Yesus terlambat. Tapi selesaikan yang Dia sudah janjikan, dan Lazarus bangkit.

 

·         Saat Tuhan menjanjikan untuk mengangkat hidup kita, kadang kita seperti berhenti di ayat 15, tapi  masih ada ayat 16 dan 17 bagi kita, karena Tuhan selalu selesaikan, dan tidak ada kata terlambat bagi Tuhan !

·         Dia Tuhan yang setia, Dia yang akan menyelesaikan bagi kita.

 

You may also like

Leave a comment