Pahad Yitzak (Petrus Agung)

Kej 26: 1-14 “ Dalam kisah ini terjadi pemindahan kekayaan dari dunia kepada Ishak.
1. Ishak artinya tertawa

  1. Semua janji yang pernah Tuhan katakan, walau kita ditertawakan, tetap akan jadi kenyataan !

  2. Kita belajar mentertawakan diri sendiri. Orang yang sudah bisa mentertawakan diri sendiri akan terhindar dari dosa kebenaran diri sendiri, karena orang yang bisa mentertawakan diri sendiri adalah orang yang tahu diri. Seberapa besar Tuhan berkati kita – tergantung sikap hati kita.

 

2. Di balik tindakan Ishak menabur benih

  1. Ada perubahan dari mental pengungsi menjadi mental penghuni. Selama kita punya mental seorang pengungsi, kita tidak akan pernah lakukan apapun yang ajaib. Kita harus percaya di mana kita ditempatkan Tuhan, maka ini bukan tempat pengungsian kita, tapi ini rumah kita.

  2. Ishak bisa menangkap perkataan Tuhan. Seberapa banyak kita bisa tangkap sebaran perkataan Tuhan maka sejauh itu Tuhan akan berkati hidup kita. Kita harus menghargai setiap perkataan Firman Tuhan dalam kehidupan kita


3. Pahad-Yitzak – Kej 31: 42, 53

Disegani oleh Ishak = Pahad-Yitzhak. Artinya:

  1. Pribadi yang disegani Ishak

  2. Karena Tuhan yang disegani oleh Ishak berada di sisi Ishak, maka orang lain gentar kepada Ishak (Yak 4: 7). Penundukan kita kepada Tuhan, membuat Tuhan tundukkan musuh kita. Pengagungan kita terhadap Tuhan, membuat Tuhan memberikan kemuliaan kepada kita di hadapan lawan-lawan kita.

 
Kekayaan hanya akibat. Maka kita belajar bagaimana bisa menciptakan akibat seperti itu.

 
Tuhan tunggu kita bisa berkata bahwa harta adalah kotoran, dan cinta kepada Tuhan adalah segala-galanya, barulah Tuhan bisa percayakan hal yang besar kepada kita.

 

You may also like

Leave a comment